Review PSP 3000

Semenjak SONY mengumumkan update terbaru untuk handheld miliknya, semua orang melihat pengumuman ini dengan penuh rasa ingin tahu, mengingat SONY baru saja mendietkan PSP agar lebih ringan dan lebih ramping dari versi orisinilnya. Melalui berbagai sumber yang bertebaran akhirnya KotakGame berhasil mengumpulkan, perbedaan apa saja yang dimiliki oleh PSP seri baru atau yang biasa disebut sebagai PSP-3000.

PSP-3000 masih menawarkan berbagai media yang disupport oleh PSP model terdahulu, tetapi enggak lucu banget kalau SONY mengganti kode produknya tanpa mengganti apapun. Setelah kami cari-cari di beberapa sumber, akhirnya kami tahu kalau PSP-3000 memiliki berbagai upgrade yang keren punya, di antaranya, layar LCD yang diperbaharui dengan memanfaatkan wider color gamut dan teknologi anti-reflection.

Perbandingan PSP-3000 VS PSP-2000:
PSP-3000 (Atas) PSP-2000 (Bawah)






Maksud dari fitur wider color gamut, artinya layar PSP mampu menampilkan gambar yang lebih lebar jarak antar warnanya, sehingga warna-warna yang ditampilkan oleh PSP-3000 jauh lebih kaya dibandingkan PSP-2000, hal ini terungkap dengan jelas apabila kedua PSP tersebut disandingkan, PSP-3000 terlihat lebih kaya warna dan lebih vibrant dibandingkan PSP-2000 (untuk kulit manusia terlihat lebih natural dan tidak pucat). Selain fitur tersebut, kini sistem LCD PSP memiliki lima tingkat rasio kontras dan respon pixel yang lebih cepat dibandingkan LCD yang lama. Hal ini akan menggandakan kecepatan respon LCD dan menghilangkan efek ghosting dan blur selama permainan atau memutar video. Tentunya semua fitur tersebut bukannya tanpa pengorbanan. Menurut Jhon Koller, SONY Director of Hardware Marketing, fitur tersebut akan menguras kekuatan batreai sehingga waktu pemakaian PSP-3000 akan berkurang sekitar dua puluh menit dibandingkan PSP-2000. Kekurangan ini akhirnya diperbaiki oleh SONY dengan mengurangi beban daya pada komponen lainnya sehingga daya dibutuhkan untuk LCD tetap terpenuhi tanpa mengurangi waktu pemakaiaan.


Selain dua fitur tersebut, SONY juga menambahkan sebuah fitur lagi yang masih berkaitan dengan LCD. Sesuai dengan hal yang pernah saya singgung di atas, nama fitur tersebut adalah teknologi anti-reflection. Fitur ini diterapkan untuk meningkatkan kemampuan PSP ketika dimainkan di luar ruangan, apalagi PSP memang bersifat mobile dan handheld sehingga fitur anti-reflection sangatlah penting. Sekedar informasi, teknologi anti-reflection berfungsi untuk mengurangi pantulan yang timbul akibat menghadap matahari yang mengakibatkan gambar di LCD tidak jelas tertangkap mata.

Perbandingan Fisik PSP-3000 VS PSP-2000:





PSP-3000, juga memiliki port video-out yang bisa memakai kabel yang sama milik PSP-2000, bedanya kini sistem output tersebut mensupport interlaced, hal ini cukup berbeda dibandingkan dengan PSP-2000 yang hanya mensupport progressive scan untuk output gameplay video. Selain itu PSP-3000 kini memiliki microphone built-in yang terletak di bawah layar LCD, dekat dengan tombol volume. Penambahan microphone mungkin dimaksudkan untuk mengejar ketinggalan PSP dari NDS, selain itu penggunaan headset pada game SOCOM: U.S. Navy SEAL terbukti mempengaruhi kesuksesan game tersebut.

SONY tidak mengubah-ubah lokasi tombol atau kenop apapun pada PSP-3000, tetapi secara keseluruhan desain body PSP-3000 mengalami sedikit perubahan eksternal. Versi hitam dari PSP-3000 akan memiliki warna glossy sama seperti versi orisini, tetapi versi perak dan putih mengalami penambahan tekstur agar menghilangkan masalah sidik jari yang sering tertinggal di PSP orisinil. Logo SONY yang tadinya di kanan atas, kini berpindah ke kiri atas, sedangkan logo PlayStation pindah ke tombol Home yang ada dibawah LCD. Sementara itu cincin metal yang ada di belakang kini dibuat ramping dibandingkan PSP versi lama dan perubahan yang paling terasa bila dipegang adalah, semua sudut pada body PSP dibuat lebih landai dan lebih tegas, hal ini menghilangkan kesan manis yang tadinya diusung oleh PSP-2000.


SP-3000 dikabarkan akan bisa memakai semua aksesoris milik PSP-2000 walaupun Jhon Koller menkomfirmasikan kalau adaptor PSP-3000 mungkin tidak 100% mensupport versi lama, mengingat ada beberapa laporan yang menyebutkan kalau adaptor AC PSP-3000 tidak bisa melakukan pengisian pada PSP versi lama.

Warna perak dari PSP-3000 akan dilempar ke pasaran pada 14 Oktober 2008 dengan harga US$ 199. Paket tersebut berisikan PSP-3000, Ratchet & Clank Size Matters UMD, National Treasure 2: Book of Secrets UMD, PSN Network download voucher dan 1GB Memory Stick Pro Duo. Sementara itu PSP-3000 warna hitam akan dibanderol dengan harga yang sama tersedia pada bulan November dengan isi paket berupa sebuah PSP-3000, 4GB Memory Stick Pro Duo dan PSN download voucher. Versi core juga akan tersedia pada akhir tahun seharga US$ 169.

Spesifikasi PSP-3000:

* Dimensi. 16.94 x 1.86 x 7.14 cm
* Berat 0.189 kg
* CPU PSP CPU (System clock frequency 1-333MHz)
* Memori utama 64MB
* Display 4.3 inches (16:9) full-transparent type, TFT
* 480 x 272 pixel, 16.770.000 warna
* Built-in stereo speaker
* Main input/ output Wireless LAN (IEEE 802.11b)(Wi-Fi)
* High Speed USB (USB2.0) (mini-B)
* Memory Stick PRO Duo
* Analog Video Out
* Mikrofon
* DC IN 5V
* DC OUT
* video out/headset
* USB
* Memory Stick Duo slot
* Tombol arah (atas/bawah/kanan/kiri)
* Tongkat analog
* Tombol aksi (segitiga, lingkaran, X, kotak)
* L/R buttons
* Tombol START, SELECT, Tombol PS
* POWER/HOLD, WLAN
* Tombol display, suara dan volume (+/-)
* Lithium-Ion (1200mAh)
* AC adaptor
* USB power supply
* UMD drive
* Supported profile PSP (PlayStation Portable) Game
* UMD video
* Access control Region code, parental control
* Wireless communications Infrastructure mode
* Ad hoc mode (connects up to 16 consoles)


Codec:

* Video * Memory Stick Video Format
* MPEG-4 Simple Profile (AAC LC)
* H.264/MPEG-4 AVC Main Profile (AAC LC)
* MP4 File Format
* MPEG-4 Simple Profile (AAC LC)
* H.264/MPEG-4 AVC Main Profile- CABAC only
* (AAC LC) / Baseline Profile (AAC LC)
* AVI
* Motion JPEG


Musik:

* ATRAC3
* ATRAC3plus
* MP3
* MP3(MPEG-1/2 Audio Layer3)
* MP4(MPEG-4 AAC)
* WAVE(Linear PCM)
* WMA(Windows Media Audio 9 Standard)


Foto:

* JPEG (DCF2.0/Exif2.21compliant)
* TIFF
* BMP
* GIF
* PNG


sumber: kotakgame.com

2 komentar:

Unknown mengatakan...

terimakasih untuk infonya, saya minta izin untuk mengambil beberapa info untuk di share kembali ke blog saya, akan saya sertakan link anda
Terima kasih!

Wooclip mengatakan...

Punya psp 3000 udah 3 tahun masih awet sampe sekarang :')

Nonton film horror
Download film horror

Posting Komentar

pembaca yang baik adalah pembaca yang meninggalkan komentar