Business Plan Internet For All

INTERNET FOR ALL

Beberapa pengertian tentang business plan diungkapkan antara lain oleh Hisrich and Peters yang mengatakan bahwa : “The business plan is a written document prepared by the entrepeneur that describe all the relevant external and internal elements involved in starting a new venture.” (Hisrich,Peter, 1995:113). Disisi lain, business plan disedinisikan sebagai “Business plan is a detailed study of the organization’s activities, which highlights where the organization has been, where it is owe and where it might get to in the future, and incorporates an action program to achieve these results.” (M.Coulthard, A.Howell,G.Clarke, 1999:3).
Dari kedua defini diatas dan sekian banyak lagi defini business plan, dapat di rangkum bahwa business plan atau perencanaan bisnis merupakan penelitian mengenai kegiatan organisasi sekarang dan yang akan datang dan menyusun kegiatan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan yang dituangkan dalam suatu dokumen perencanaan. Perencanaan bisnis/business plan merupakan penelitian mengenai kegiatan organisasi sekarang dan yang akan datang dan menyusun kegiatan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan yang dituangkan dalam suatu dokumen perencanaan. Perencanaan bisnis sangat erat hubungannya dengan wirausaha, sebab perencanaan bisnis ini dibuat agar hasil penciptaan usaha yang dibuat mendekati dengan kenyataannya. Diharapkan dengan perencanaan bisnis yang baik maka perencanaan dengan kenyataannya memiliki perbedaan yang cukup kecil. Karena itu perencanaan bisnis ini dapat digunakan sebagai pedoman penciptaan usaha. sumber : http://andihm.weblog.esaunggul.ac.id/2013/12/02/business-plan/
kita sekarang berdiri di titik balik penting dalam penggunaan teknologi untuk memperluas dan memberdayakan jaringan manusia . Globalisasi internet telah berhasil lebih cepat daripada yang orang bisa membayangkan. Cara dimana terjadi interaksi sosial , komersial , politik dan pribadi cepat berubah untuk bersaing dengan evolusi jaringan global ini. Pada tahap berikutnya pembangunan kita, inovator akan menggunakan internet sebagai titik awal untuk usaha mereka - menciptakan produk dan layanan baru yang secara khusus dirancang untuk mengambil keuntungan dari kemampuan jaringan . Sebagai pengembang mendorong batas-batas apa yang mungkin , kemampuan jaringan yang saling berhubungan yang membentuk Internet akan meningkatkan perannya dalam keberhasilan proyek-proyek ini.
  1. Executive Summary
    • Latar belakang
Seiring perkembangan zaman terutama pada era komputerisasi dimana pemanfaatan waktu seefisien dan sebaik mungkin menjadi tujuan utama dalam mempermudah penyelesaian kerja, terutama dalam hal pengumpulan data, sistem komunikasi sangatlah diperlukan. Komunikasi melalui internet memungkinkan memberikan manfaat yang sangat besar terutama dalam hal pengumpulan data dan penyampaian informasi tanpa mengenal jarak dan waktu. Penggunaan internet sudah menjadi alternatif yang sangat baik dan sudah terbukti di kalangan masyarakat dunia dalam hal berkomunikasi dan mendapatkan informasi tanpa harus menuju tempat sumber informasi.
    • Rencana Bisnis
Rencana bisnis yang akan dipakai adalah dengan cara melakukan penjualan jasa layanan internet dengan metode membeli bandwidth yang besar dari ISP lalu membagi kembali bandwidth tersebut kepada konsumen sehingga harga yang didapat oleh konsumen jauh lebih murah dari pada konsumen membeli langsung kepada ISP. Penjualan bandwidth kepada konsumen bisa melakui beberapa cara yaitu : internet cafe, Game Center dan  Penjualan Voucher Wifi.
    • Siapa
Yang akan mejadi sasaran bisnis ini adalah para Pelajar, Guru – guru, mahasiswa, dan instansi pemerintah, dan tidak menutup kemungkinan bisa dari kalangan pekerja dan buruh.
    • Apa
Internet For All merupakan konsep yang sama hampir sama dengan RT/RW net namun dengan beberapa fitur tambahan yang tidak dimiliki RT/TW net seperti Internet Café dan Game Center.
    • Dimana
Untuk tahap awal tempat target pemasaran Internet For All adalah 1 Desa dan sekolah sekolah yang dekat dengan desa tersebut
    • Mengapa
Mengapa Internet For All karena dengan perkembangan internet sekarang ini sangat pesat, perkembangan pengguna internet dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang sangat pesat dari tahun ke tahun. Jadi kebutuhan akan internet akan terus meningkat.
  1. Marketing Plan
    • Target Pasar
Target pasar untuk rencana bisnis ini adalah para pelajar tingkat SMP, SMA, mahasiswa, dosen, guru guru.
    • Product
Untuk product Internet For All adalah
    • Internet Café (Paket 512Kbps & 1mbps)
    • Game Center (Paket (1mbps & 2mbps)
    • Wifi Zone (Paket 512Kbps,1Mbps & 2Mbps)
    • Price
Harga yang akan dipasang untuk Internet For All adalah sbb
 KeteranganPaket : 512 KbpsPaket : 1MbpsPaket :2Mbps
1Internet Café3000/hour4000/hour-
2Game Center-5000/hour6000/hour
3Wifi20.000/5GB/30 days30.000/5GB/30 days40.000/5GB/30 days
    • Promotion
Untuk promosi dilakukan dengan cara membagian voucher gratis yang bisa digunakan di Game Center, Internet Café, atau Wifi dengan cara mengadakan kuis interaktif melalui social media dengan memberikan quest atau tantangan tertentu yang berhubungan dengan intenet
    • Placement
Untuk pemilihan tempat yang akan digunakan Game Center dan Internet Café adalah menggunakan satu tempat seperti ruko yang mempunyai ukuran yang cukup luas yang dapat menampung computer dengan space seperti berikut : Internet Café (10 unit), Game Center (20 unit). Sedangan untuk SuperWifi adalah dengan pemasangan antenna – antenna omni/kenboteng di beberapa lokasi strategis seperti : sekolah, GOR, tempat perbelanjaan, terminal dan beberapa tempat strategis di desa yang dapat menjangkau satu desa secara keseluruhan.
  1. Financial Projection
Modal

Aliran Kas

Payback Periode


1 komentar:

Wooclip mengatakan...

Jadi yucuber aja kak, bisa dapet duit juga dari internet. yucub yucub lebih dari tv hehe

Streaming film kualitas HD

Posting Komentar

pembaca yang baik adalah pembaca yang meninggalkan komentar